Sunday, July 28, 2013

Shaq's Journal : 2 Months Old

Yaayy.. Kemarin Shaq genap 2 bulan. Dan gw, udah dipadang dong sekarang. Bener bener un-planned mudik. Nti ajah diceritain kisah mudiknya. Sekarang gw mau apdet perkembangan Baby Shaq dulu.

Menurut CDC, ada beberapa point perkembangan bayi yang harus dicapai bayi pada saat usia 2 bulan. Dan ketika gw cek perkembangan Shaq, Alhamdulillah Shaq udah mencapai semua point point tersebut sebelum usianya 6 minggu. Pinter anak Mimmy :)

Apa aja sih poin poinnya? cekidot yah.


Important Milestones: Your Baby at Two Months

What most babies do at this age:

Social and Emotional

  • Begins to smile at people. Untuk yang satu ini Shaq jangan ditanya, dari umur 1 minggu doi udah suka senyum. Dan sejak umur satu bulan seneng banget senyum, Tapi hanya di jam jam tertentu. Pas moodnya lagi bagus, pas diajakin ngobrol. Hahaha.. Kalo lagi nangis mewek ya ngga senyum dong :D
  • Can briefly calm himself (may bring hands to mouth and suck on hand). Sekarang hobi banget ngenyot tangan. Kadang dia ambil tangan kita digenggam trus dibawa kemulutnya kaya mau dimakan, tapi yang diisepin ya jarinya dia. Tangan kita dijepit doang ama jarinya yang ga nyentuh mulut Wkwkkwkw.Nyokap gw bilang doi laper, tapi nyatanya abis dikasi susu tetep aja ngenyotin tangan. Hahaha.. Ya udah, gw jelasin aja ke nyokap kalo itu fase oral. Biarin aja, yang penting pastiin tangannya Shaq bersih. Kalo sekarang kan Shaq blom main tanah ya aman, tapi beberapa bulan kedepan, let we see,, Hahaha
  • Tries to look at parent. So far dia udah ngenalin gw sebagai nyokapnya, ngenalin Jacky sebagai bokapnya. Ngenalin nyokap gw sebagai nenek dia. Kalo mau mimi' dia tau mintanya ke gw, kalo mau ayun mintanya ama nyokap gw. So, he has been passed this point. 

Language/Communication


  • Coos, makes gurgling sounds. Shaq jago banget untuk yang satu ini. Kadang ngoceh sendiri trus bikin suara lucu lucu gitu. hahaha, sangat menikmati sekali gw kalo dengerin dia ngobrol. Kadang kaya orang ngorok. Mau liat obrolannya Shaq? Disini nih Hihihi
  • Turns head toward sounds. Dia udah tau banget kita loh. Jadi kalo ada yang rada berisik langsung nengok. Udah ngerti deh pokoknya. 
  • Baby raising head and chest when lying on stomach, Dan yang satu ini.. Sipirilly.. Anak ganteng gw ini udah bisa bener bener negakin kepala tanpa disangga sejak umur 1 bulan. Sekarang kalo kita gendong gak pernah diboboin lagi. Kalo diboboin yang ada doi ngamuk, jadi selalu digendong gaya kangguru. Seneng banget dia kepalanya tegak en bisa lepas memandang kemana mana. Orang orang yang ketemu Shaq gak pernah nyangka kalo ni bayi blum dua bulan. Udah gede kayanya mereka bilang :) Apalagi badannya terbilang bongsor. Terakhir nimbang pas doi 6 minggu, Shaq udah 5,8 kg sodara sodara. Gw ama emak gw udah mulai kepayahan gendong dia lama lama, akhirnya kita pake gendongan kangguru deh.

Cognitive (learning, thinking, problem-solving)

  • Pays attention to faces. Yang ini mah udah ya.. Kan udah bisa ngenalin orang. Shaq juga suka memperhatikan sesuatu yang detail. Misal kalo baju gw ada ornamen kaya batik gitu, doi suka pandang lama lama. Trus kadang gw ajak main di depan cermin. Dia ketawa ketawa sendiri liat mukanya. Hahaha.. 
  • Begins to follow things with eyes and recognize people at a distance, Dia bisa lo ngenalin emak gw dari jarak jauh. Kalo emak gw ke dapur dia sampe membengkokan badannya ngikutin arah emak gw berjalan. Heheu.. Smart Baby.
  • Begins to act bored (cries, fussy) if activity doesn’t change. Ini nih Shaq banget. makanya kalo pas di batam doi suka bete kalo gw ajakin main keluar rumah sore sore. Baru bentar udah merengek minta balik kedalam rumah. karena ibu ibu di sono kaga kreatif, kalo keluar ya sekedar gendong gendong bukan ngegodain bayinya. Nah, sejak 2 hari lalu gw stay di padang, Shaq seneng banget kalo pagi pagi diajakin ngumpul ama ibu ibu komplek. Soalnya suka banget digodain, dia ketawa ketawa gitu kalo udah rame. hahaha. Mantiak kali anak Mimmy ni, honinya ngerumpi ama ibu ibu.


Movement/Physical Development

  • Can hold head up and begins to push up when lying on tummy. Ini udah sukses ya. Dari umur 1 bulan juga Shaq udah sering gw kasih latihan tummy time makanya kepalanya sekarang udah kuat banget.
Shaq and Grandma,
Siapa sangka umurnya baru dua bulan

  • Makes smoother movements with arms and legs. Ini mah jangan ditanya. Gw sering ngeri ninggalin dia bobo diatas kasur dikamar soalnya dia suka muter muter gitu bobonya, kepala bisa pindah dikaki. Makanya sekarang kalo bobo dikasih bantal sekeliling. Takut jatoh gw.
So far gw menikmati sangat saat saat dia seumur sekarang. Udah bisa diajakin maen, udah bisa diajakin ngobrol. Sehat terus ya nakbujang Mimmy.. Tumbuh dan berkembanglah secepat yang Shaq mau. Mimmy akan selalu kasih yang terbaik buat kamu sayang. We Love You Shaq :)

__,,__

No comments:

Post a Comment