Thursday, July 4, 2013

C.O.L.I.C

"Yank, kita bawa shaquille ke griya sekarang" kata kata itu meluncur dari bibir gw ke Jacky tadi sore..

Ya, something wrong with my baby dan gw ingin memastikan hal itu segera.

Kita langsung ganti baju, nyokap gw juga ikutan. Gw call klinik Griya, nanyain schedule praktek pediatricsnya. Dan lucky me kita dapet giliran nomer 19. Bujuug.. Nomer 19 aja dibilang lucky, pegimane nomer satu.

Gw juga langsung pesen taxi langganan. Inilah dilemanya blom punya boil.. Hehe.. Baby gw blom bisa diangin anginin naik motor. Kesian aja gitu. Untung dilittle island ini udah ada si burung biru, dan so far servicenya oke banget. Pesen taksi gak nyampe 15 menit taxi pesenan udah sampe. Disini kaga ada traffic jam booo.. Makanya cepet.


Jacky kebagian tugas beberes tas bayi, bawa popok, baju. Pokoknya segala hal. Kalo dulu waktu masih berdua aja tinggal cuil dompet en hp bisa langsung berangkat, kalo sekarang enga bisa. Perlengkapan baby segambreng. Apalagi Shaq blom pake clodi secara doi puppynya masih sering banget. Jadinya gw kudu bawa popok kain yang tali dan juga kain bedong. Doi sih gak betah dibedong, tapi kadang kalo dibedong dia diem.

Nah, itulah insiden grabak grubuk yang terjadi sore tadi sehabis maghrib. Udah seminggu ini Shaq rutin nangis sehabis maghrib dan nangisnya lama. Padahal doi kenyang secara sebelum dan sehabis mandi sore pasti gw susuin. Tapi masih tetep nangis kenceng jejeritan. Dipegang jidatnya ngga panas, nafsu mimik kuat banget dan dia dari pagi mpe sore ceria en aktif banget. Tapi kenapa setiap maghrib berubah jadi nightmare.. Nangis kejer mulu. Dan dugaan sementara gw ini cholics.. But then I'm not a doctor, not a pediatric so need to ensure the real condition.. Jadilah gw decide to visit doctor malam ini juga.

Gw tau kalo bayi menjelang 6weeks bakal sering rewel, tapi gw rasa rewelnya Shaq udah gak wajar. Tangisannya seolah olah bilang "mimmy, shaq sakit" dan ekspresi mukanya menandakan dia minta tolong ke gw. Matanya yang sipit menatap gw ketika menangis. Tatapan kesakitan. Oh gosh.. Mata gw jadi mulai basah deh tuh nulis ini..

Suer, gw gak bisa ngebayangin kalo Shaq emang beneran kolik. Selama ini gw belajar banyak hal, sebelum dia lahir gw rajin browsing tentang kesehatan bayi, dunia bayi dan kolik merupakan salah satu momok yang lumayan menakutkan buat gw.

Taxi berjalan lambat menuju klinik karena emang posisi jalan lagi rame, pas jam pulang kerja. Jam 7an kita udah sampe di klinik. Gw langsung daftar ulang, sekalian gw juga minta rujukan buat ke hospital senin depan. Jadwal kontrol sectio 42 days after baby born.

Selama di taxi, Shaq nangis terus, kejer. Suaranya udah parau banget. Gw susuin gak mau. Gw peluk gak mau. Nyokap gw berusaha untuk terus bujuk bujuk Shaq untuk berhenti nangis, tapi gak berhasil en gw bilang, gapapa shaq nangis sampe didalam, biar dokter liat tangisnya kaya gimana. Suara tangisnya bisa mengindikasikan dia ini sakit ato ngga. Nyokap gw kaya agak agak ngga yakin gitu dengan apa yang gw bilang. Tapi ya diturutin juga sih akhirnya.

Cek berat badan Shaq udah 5,00 kg. Persis dengan timbngan kemarin pas imunisasi. Gw bersyukur, nafsunya mimik kuat banget jadi even nangis setiap sore, berat badannya tetep naik signifikan.

Jam 8 shaq dipanggil ke ruangan poliklinik. FYI, ini adalah kunjungan pertama gw ke dsa di klinik ini, dan dokter ini (duh, gw lupa namanya) adalah dsa ke-3 Shaq. Tadinya kita dapet giliran nomer 19 tapi kayanya dokternya ngeliat kalo Shaq urgent untuk ditangani, jadinya dipanggil duluan deh.
Nyampe di dalam, Shaq masih nangis en langsung ditidurin. Cek suhu, normal. Doi gak demam. Dan disini baru gw liat pediatric yang bener bener keren. Keliatan banget kalo dokter yang didepan gw ini udah bepengalaman. Dari caranya memegang Shaq, menenangkan Shaq, megangin tangannya sambil ngebujuk pake kata kata lembut, sampe akhirnya dokter bilang.. Baby Shaq kena kolik.. Huhuhuhu.. Rasanya mau nangis bombay aca aca gw pas denger itu. Gimana enga.. Kenapa semua hal hal yang gw takutin terjadi.. Pas hamil, kena pre eklampsi, kena PUPP, nah sekarang giliran Shaq kena kolik. Semua hal hal yang tidak ketahuan pencetusnya apa. Semua hal hal yang dokter di seluruh dunia aja masih bingung kenapa ada pre eklampsi kenapa ada kolik.. Hiks..
Tapi, dokter didepan gw ini sepertinya tahu kekhawatiran gw dan doi akhirnya ngejelasin sejelas jelasnya..

Colic atau populer ditulis kolik tidak diketahui penyebabnya. Tapi kolik adalah kondisi dimana bayi menangis terus menerus tanpa sebab secara berlebihan. Penyebabnya adalah mengejangnya otot di dinding usus karena gerak peristaltik yang gak sinkron. Jadi karena gak sinkron, ketarik2 en bikin perut bayi sakit deh. Yah, seperti yang kita tahu, pencernaan bayi kan blom sempurna seperti kita makanya ada efek kolik ini muncul di beberapa bayi. Hampir 40% bayi mengalami gangguan kolik ini. Apesnyaaaa,, kenapa Shaq masuk golongan yang 40% ini.. Hiks.. #apusaermata


Picture Taken From Here
Kolik tak dapat dicegah, tapi minimalkan penyebabnya misal posisi perlekatan pada saat menyusui. Cegah sebanyak mungkin udara yang masuk ke usus. Kolik ga berbahaya, gak berpengaruh terhadap tumbuh kembang bayi makanya Shaq tetep kuat mimik. Kolik akan hilang sendirinya seiring dengan pertambahan umur bayi, ada yang 3bulan tapi ada yang sampe 6bulan. Ya Allah, semoga Shaq kuat dan koliknya hanya beberapa minggu kedepan trus hilang. Kolik ga bisa diobati jadi palingan kita hanya bisa kasih treatment yang tepat sehingga bisa membuat bayi menjadi sedikit nyaman pada saat serangan kolik tiba. Serangan ini tiba tiba dan ga bisa diprediksi, jadi bisa aja bayi yang tadinya lagi ketawa ceria tiba tiba jejeritan nangis kejer.

Nah, treatment yang dianjurkan dsa Shaq tadi ada beberapa, diantaranya :

1. Pijat perut setengah lingkaran dengan kedua tangan bergantian searah jarum jam. Pakai minyak kelapa atau minyak zaitun, minyak sayur juga boleh yang pasti bukan minyak yang berasal dari mineral bumi. Minyak nabati kali ya lebih tepatnya. Baby oil sangat tidak dianjurkan karena mengandung parfum dan berasala dari campuran mineral bumi. Duh, stok baby oil gw yang segrambeng itu sepertinya ngga bakal kepake.

2. Gendong kangguru dengan posisi perutnya dekat dengan dada ibu. Hal ini membuat dia merasa nyaman dan aman karena tahu ibunya ada didekatnya.

3. Peluk di dada, ibu posisi duduk nyender, bayinya dibawa ke dada ditempelkan ke badan ibu. Hal ini juga bagus buat bonding bayi dan ibu karena benar2 terjaga kedekatan ibu dan bayi.

4. Atur mood, jangan sampai bayi tahu kalo ibunya panik karena dia juga bakal ikut ikutan panik. Bayi sangat sensitif dan akan ngeasain perasaan yang sama dengan apa yang ibu rasakan.
Nah, ini dia letak kesalahan gw selama ini. Gw orangnya gak sabaran, pas Shaq nangis kejer dan gw panik, gw buru buru ngasihin dia ke papinya atau ominya. Dan gw menjauh ga tahan dengerin suara jejeritan dia. Padahal justru disaat saat itulah dia butuh gw banget.. Maafin mimmy ya sayang. Mimmy gak tega denger suara Shaq nangis.. Mimmy gak bakal ninggalin kamu lagi kalo si jelek kolik itu dateng.

5. Sendawakan bayi setelah menyusui, hal ini mencegah udara masuk ke ususnya. Ini sering gw lakuin, tapi kadang kalo abis mimik dia bobo, ya gw gak bisa sendawain. Jadi kao lagi siang siang gitu baru deh gw sendawain.

Alhamdulillah setelah denger penjelasan dsa Shaq yang ini, gw jadi lega. Gw jadi tau apa yang harus dilakuin. Gak salah deh bawa Shaq kesini. Daripada ke hospital yang nanya aja susah gak dikasih kesempatan gara gara pasien lain dibilang antri.. Huft.. Dasar rumah sakit mata duitan.

Tadinya kita udah mau beli olive oil, tapi taunya nyokap gw nyeletuk mau bikin minyak kelapa alami buat cucunya. Seneng deh dengernya.. Makasih ya Omi.... Shaq sayang sama omi..
Yah, sekarang saatnya belajar sabar menghadapi si kolik. Saatnye menikmati saat saat memeluk Shaq. Semoga si kolik ini gak betah ya ngedeketin Shaq..

Mimmy luv u Shaq.. #cium

Sent from my Samsoon Galaxy Tabby imut imut kaya marmut..
_,,__

No comments:

Post a Comment