Saturday, July 6, 2013

First Nail Cut

Pas Shaquille umur sebulan, gw langsung lepas sarung tangan. Ya, menurut bu bidan di posyandu, gak bagus juga kalo baby kelamaan pake sarung tangan. Katanya nanti kemampuan motorik tangannya jadi ngga terlatih, dia jadi ngga belajar memegang dan meraba. Bayi usia more than 1 bulan juga udah punya kemampuan mengontrol suhu tubuhnya dan dia gak bakal kedinginan lagi tanpa sarung tangan. Apalagi kemarin tetangga gw diomelin bu bidan gegara anaknya udah 2 bulanan masih dipakein sarung tangan karena takut kukunya ngegores muka. 

So, berhubung mau buka sarung tangan kukunya Shaquille harus dipotong dulu deeeh.. 

Nah, yang kebagian tugas potong kuku ya gw, emaknya. Secara bapaknya ngga berani, trus nyokap gw matanya udah gak terlalu bisa diandelin buat liatin perintilan kecil kecil gitu. Jadilah gw eksekutor dalam proses pemotongan kukunya Shaquille.

Akhirnya gw beranikan diri buat potong kukunya. Waktu yang tepat adalah ketika doi tidur secara kalo pas bangun, Shaquille jadi baby super aktif. Tangan en kakinya ngga berhenti gerak.. Wkakakka.. Kalo tidur kan enak tuh diem.  Cuman masalahnya, doi kan kalo siang tidurnya di ayunan mulu. Jarang gitu yang tidur di kasur. Tapi pas waktu abis mandi pagi kebeneran doi mau bobo di kasur. Gw segera menyiapkan peralatan perang. Gunting kuku khusus bayi. Eh, ternyata peralatan tempur bayi itu mahal mahal ya.. Gunting kuku aja ampe puluhan ribu. wkwkkwk..

Oh iya, ini dia gunting kuku yang dipake buat guntingin kuku Shaquille. So far enak dipake karena sesuai ama kuku bayi en ada tangkainya jadi tangan gw yang buntet buntet ngga susah megangnya. 


Untuk memotong kuku si bayi ada beberapa tips nih, biar proses menggunting kuku menjadi enak dan menyenangkan.
  • Usahakan gunting kukunya di pagi hari abis mandi, jadi kukunya masih pada lunak en gampang dipotong.
  • Paku gunting kuku khusus bayi karena emang ukurannya disesuaikan dengan ukuran kuku bayi.
  • Motongnya ngga perlu digaya gayain yang penting diperhitungkan aja ngga tajem en kalo pas dia mencakar muka pake tangannya jangan ampe kukunya menggores muka.
  • Jangan kependekan, nanti bisa infeksi. Tetangga gw anaknya ampe 2 bulanan masih pake sarung tangan karena dia potong kuku anaknya kependekan trus infeksi, alhasil doi ngga berani potong kuku bayinya lagi. 
  • Siapin tisu dan antiseptik. Jaga jaga nanti kalo bayinya terluka. 
  • Potong dua kali dalam seminggu karena kuku bayi cepet banget panjang loh.
Nah ini bentuk kukunya Shaq sebelum meni pedi. Panjang panjang en gak beraturan gitu bentuknya.


Gw memotong dengan Harap harap cemas, takutnya dagingnya kegigit gunting. butuh beberapa hari untuk menuntaskan semuanya secara baru sebelah tangan yang gw potong doi udah keburu bangun, jadi lanjut lagi dihari berikutnya.
Setelah dipotong.. Taraaaa.. hasilnya begini... 



Cukup expert kan emaknya ini motongin kukunya Shaq :D


__,,__

No comments:

Post a Comment