Tuesday, July 16, 2013

Galau Ber-KB?

Pic taken from here
Beres sudah urusan ama obgyn.


Seminggu yang lalu kontrol 42 days post partum. Sesuai yang di jadwalin ama Obgyn gw, Dokter Enting berencanalah gw berangkat ke hospital untuk visit beliau.  Dua minggu lalu sih sebenernya gw udah kontrol ama sang dokter. Waktu itu barengan pas Shaq mau di imunisasi. Etapiiii dokternya tetep suruh gw dateng pas shaq umur 42 hari dan pas banget jatuhnya senin minggu lalu.

Pagi pagi gw udah berjibaku dengan telepon buat nelponin hospital. Karena kalo ngga nge-take tempat dulu, gw bakal dapet nomer antrian jauh banget. Tau ndiri kan, Obgyn gw adalah dokter favorit di hospital ini. Pasiennya bejibun dah.
Untunglah akika dapet nomer 3 boo.. Alhamdulillah.. Secara ninggalin Shaq sekarang rada rada.. Sejak di diagnosis kolik kemarin ama dsa-nya bikin gw was was. Takut nanti gw malah pas gw pergi koliknya kambuh. Hayyaa.. berabe, emak gw dirumah ntar panik.

Pagi itu janjian dulu ama tukang gypsum. Yah, sejak tragedi tukang bangunan sialan yang minta ditabok bolak balik yang udah gw pecat itu, jadinya kami yang ngurusin sisa kerjaan yang masih blom dikerjainnya. Cerita tukang bangunannya ntar aja. Gw lagi males pisan ngebahas orang itu. Ke tukang gypsum, tercapai kesepakatan pemasangan gypsum di rumah gw. Dianter Jacky sih, secara doi juga langsung mau ke kantor. Tauknya dijalan baru keingetan kalo surat rujukan gw ketinggalan dirumah. Tapi males banget mau balik, akhirnya gw putuskan minta surat rujukan baru ke klinik. Rempong deh, asuransi kudu pake surat rujukan dulu. Tapi oke jugalah, daripada gw disuruh bayar sendiri.

Jadilah kita melewati daerah Sungai Panas. Biar bisa mampir ke klinik untuk dapet surat rujukan. Untung klinik gw ini baek banget dah, gw boong bilang surat rujukan yang lama kecuci langsung dibikinin surat rujukan baru. heheu... Oke deh, masalah surat rujukan pun clear. Untung blom masuk puasa, kalo gak batal puasa gw karena dah bo'ong.


Pic taken from here
Nyampe hospital, langsung daftar ulang. Enak deh kalo udah nge-Take tempat, dateng telat dilayani duluan. Heheu, ternyata pas gw sampe di klinik obgyn, pas banget nomer 3, tapi berkas gw kan blom sampe kesana. Ya udah dilewatin dua pasien dulu baru deh giliran gw.

Di USG lagi.. So far, rahim bersih dan luka pasca operasi juga sudah oke. Cuma disarankan bekerja jangan melebihi kemampuan dulu karena luka dalam kan blom sepenuhnya sempurna. Trusss.. Dokter Enting nanya..

"KB bu?"
"ngga dok, emang harus KB ya dok?"
"ibu kan operasi, kalo normal mah saya suruh hamil lagi secepatnya"
"Jujur aja saya gak pengen nunda dok, tapi saya gak tau kalo SC jarak kehamilan harus diatur sedemikian rupa. Emang jarak amannya berapa lama dok?"
"6 bulan"
"saya menyusui dok"
"menyusui gak mens ya bu, itu bukan berarti ibu gak subur lo. Jadi bisa aja sewaktu waktu ibu hamil lagi walaupun gak mens"
iih.. gw aseli baru tau loo... "owh gitu ya dok?" Kalo pasang IUD itu gimana dok?"
Secara gw orangnya males rempong ya boo, kalo pake pil gw males makannya banyak bener, jadi dalam otak gw mending IUD aja sekali pasang aman"
"kalo cuma 6 bulan kondom aja bu, jangan IUD. kalo IUD kan untuk jangka lama, tahunan. atau pil juga gapapa, kalo pake pil ibu harus pilih yang buat ibu menyusui ya"
"oh iya dok.. oke"

Dan kunjungan ke dokter hari itupun berakhir sudah. Pulang dari sana gw bingung galau.. Hahhaa.. bahasamu nduuk.. Ya jujur aja gw gak niat buat nunda sih. Karena gw mau punya anak sebanyak banyaknya.. Hahahha.. maruk!!

Ngga juga sih, tapi gw ngerasain punya saudara beda umur jauh, gak enak. Gw cuma punya almarhum adek gw en ketika dia pergi, gw langsung down banget. Keinget banget gw sebagai kakaknya gak bisa bikin dia happy, gak sempet ngasih sesuatu yang berharga buat dia. Dalem banget deh pokoknya. Nah, gw gak mau hal yang sama terjadi dalam hidup anak gw. Gw pengen mereka bertumbuh bareng dengan umur yang gak jauh beda. Jadi bisa maen bareng, happy bareng, sedih bareng. Trus gw gak pengen cuma punya hanya dua anak aja. Paling gak 3 lah.. Gw sekarang satu satunya anak yang masih ada di keluarga gw jadinya gw ngerasa sendiri. Gw mau punya keluarga besar yang kalo ngumpul rame, happy, rukun.

Umur masuk kepala 3, kalo gw mau punya bayi lagi paling gak sebelum umur 35 biar enak. yah paling pool ya bisa 2 orang lagi. Heheu.. InsyaAllah Allah ngasih yaa.. Apalagi gw lahiran pertama sectio, kalo mau VBAC, gw harus nunggu 2 tahun baru hamil lagi dan itu kelamaan. 

Trus nyesel gak baru punya anak sekarang? Absolutely NOT. Kenapa? Semua ada masa masanya. Gw malah bersyukur hamil pada saat kami sudah menikah setahunan. Disaat kehidupan Alhamdulillah membaik, rumah dah jadi, karir Alhamdulillah oke.. Finansial gak jelek jelek amat trus blom lagi secara mental gw lebih ready. Punya anak itu gak gampang ternyata. Coba gw punya bayi disaat gw blom mateng, masih plintat plintut sana sini. Bisa berabe kan? Gak kebayang, kalo gw hamil disaat baru nikah. Ohmegod.. Horor pisan, rumah blom jadi, keuangan blom seperti sekarang, blom lagi karir gw blom mateng saat itu. Tau ndiri kan, gw hengkang dari Jakarta dan pindah kesini dengan modal NOL besar alias gak punya apa apa.  Apalagi gw rada perfeksionis, maunya semuanya sempurna. Buat anak kudu begini begana.Mungkin bagi mereka yang hidupnya santai kaya dipantai, gw ini ribet kali ya.. Bukan juga sih, gw cuma gak mau anak gw ngalamin susahnya idup kaya gw dulu. Gw pengen anak gw bisa sekolah dengan tenang, dapet pendidikan yang pantas, gw mau mereka punya banyak pilihan hidup dan bukan menjalani sesuatu karena cuma itu jalannya. Nah, wajar dong gw sebagai orang tua berusaha untuk mewujudkan sarana pra sarana seperti itu buat mereka.

Nah, jadi jawabannya sekarang apa doong? BerKB ria? atau tetep alamiah, kalo dikasih lagi pake Alhamdulillah even gak kebayang resikonya.. Entahlah... 

__,,__

No comments:

Post a Comment