Tuesday, May 21, 2013

PUPP

Finally..

Gw ngerasain juga rasanya gatal gatal gak tertahankan itu gimana. Ya, adalah PUPP alias Pruritic Urticarial Papules and Plaques of Pregnancy. Jadi ini adalah semacam sindrom yang menyerang ibu ibu yang lagi hamil tua yang terjadi akibat maningkatnya hormon HCG (Human Chrorionic Gonadathropin) dan hormon Esterogen.

Aseli gw gak nyangka ternyata penderitaan yang di akibatkan si PUPP ini sebegini parahnya. Awal kejadiannya sekitar semingguan lalu muncul merah merah di kulit perut bagian bawah. Gw pikir biang keringet aja karena kepanasan gitu. Trus karena gak tahan, gw garuk lah dikit. Eh kok jadi keenakan garuknya. Kaya orang maen gitar. wkwkwkwk... Gak taunya kulitnya jadi bruntusan, merah en menebal. Oh my God..... Oh No..... Kesian Baby S, digarukin mulu....

Huhuu..

Akhirnya pas konsul ke dokter sabtu lalu gw bilanglah. Dan dokter bilang itu adalah PUPP. Hampir semua ibu hamil ngalamin yang begituan dan itu wajar. Cuman kadarnya aja yang beda beda. Ada yang cuman merah merah dikit, ada yang ampe bruntusan, ada yang akhirnya melebar ke bagian tubuh yang lain.

Ini bagian PUPP teringan, keliatan merah merah di tangan gw
Bagian lain sengaja ngga diputu.. Horor Booo :D
Huaa.. Mana kulit mulus gw.. Huaaaa *nangisbombay*
Dan gw..... tadaaaaa.. akhirnya si PUPP ini melebar sampe lengan dalem, lipatan betis, tangan, lipatan paha dengan kadar yang gak bisa dibilang wajar. Gatelnya parah banget. Dan gw harus kuat nahan untuk tidak menggaruk.

Akhirnya gw coba browsing. Berselancar, karena gw takut ini alergi obat. Si PUPP ini kan munculnya sejak gw minum Nifedipine yang dikasi ama dokter. Tapi ternyata pas baca baca info tentang Nifedipine gak ada sama sekali kontra indikasi bakal memunculkan alergi. So, akhirnya gw yakin deh kalo ini karena ketidakseimbangan hormon. Beberapa saran yang gw baca di inet bilang kalo dikasi baby oil si gatelnya ilang tapi ternyata hal itu gak berlaku buat gw. Sampe akhirnya gw nemuin satu artikel bagus banget yang menyarankan hal hal dibawah ini kalo PUPP menyerang.

 photo gaptek-shanty-ungu-468.gif
  • Kalo PUPP dateng, monggo pake body lotion ato body butter. Gak boleh digaruk soalnya bikin tambah parah. Nah, barusan gw abis mandi, gw pake jurus ini. Gw gak punya body lotion, punyanya body cream dari Oriflame. Eh, pas udah dibalurin ternyata adem lo... So, intinya.. kalo kena PUPP gak boleh kepanasan kali ya. Kudu diademin. Nah, masalahnya gw kan lagi cuti nih boo.. Kalo nyalain AC terus bikin puyeng.. Boros listrik juga. Akhirnya gw pake kipas angin deh sepanjang hari.. xixiix. Trus setelah gw olesin body otion gw kasi bedak salycil talc. Dan lumayan gatelnya berkurang sampe gw nulis blog ini. Selama hamil ini gw hampir gak pake body lotion loh, entah kenapa males aja gitu.
  • Mandi air dingin, jangan mandi pake aer panas. Ya iyalaaaah, secara dikamar mandi gw gak ada hot waternya. Hahahah
  • Gunakan sabun dengan pH rendah, contohnya sabun bayi. Ini juga udah gw praktekin sih tadi. Akhinya Oriflame baby soap yang tadi sedianya gw siapin  buat Baby S, gw pake satu. xixii.. Tenang sayang, ntar Mimmy beliin lagi yang banyak buat kamu. Ini pertama kali mandi pake sabun babynya Oriflame. Ternyata enak banget yah dipakenya.
  • Abis mandi, seka kulit dengan ditepuk tepuk, jangan digosok. Untung punya handuk yang lumayan oke daya serapnya. Jadi gak perlu ditepuk aja aernya udah keserep duluan
  • Bila gatal sudah sangat menganggu, hubungi dokter spesialis kulit dan minta rekomendasi obat gatal yang aman buat janin. Ini blom gw lakuin. Jangan sampe deh
  • PUPP akan hilang sendirinya setelah melahirkan.
Kalo ngeliat di internet ternyata banyak banget yang kena PUPP parah. Jadinya sekarang ya bersyukur aja lah PUPP gw gak sampe separah itu. Padahal kulit gw bukan tipe kulit yang sering bermasalah lo. Di gigit nyamuk ato serangga jarang ada yang berbekas. Wong sisa sisa bekas jaman perang 45 en koleksi koin dikaki (baca: kudis waktu masih anak anak) aja pada ilang kok.. Tapi mungkin kalo urusan hormon lain kali ya bo. Gak bisa disamain. Berharap aja semoga si PUPP ini gak ninggalin bekas apapun. Semoga bener bener lenyap blas bablas angine. 

Huhu,. Berharap Baby S segera lahir, biar gw juga gak menderita lagi ama si PUPP ini. 
Duh, bujukin baby gw nih biar mau cepet cepet keluar. Udah cukup umur sayang. Yuks, ketemuan ama Mimmy segera yuks.. 

__,,__

No comments:

Post a Comment