Saturday, May 18, 2013

37W5D : Rekam Jantung Baby

Update perkembangan terbaru Baby S lagi..

ya, kontrolnya akhirnya dipercepat berhubung gw khawatir aja gitu loh. Harusnya senin baru ke hospital tapi karena gw parnoan, ya udah hari ini aja.


So, karena gw udah libur gawe, kita berangkat ke hospitalnya nyante nyante aja. Jam 9 baru berangkat. Dan seperti biasa gw udah daftar dulu paginya. Dapet nomer antrian 7.


Gak lama nunggu gw langsung di tensi ama suster cantik en galak. 


Hasilnya :

Tensi : 120/90
BB : Kurang setengah kilo dari minggu lalu.


 photo banner-ns-160x600-1.gifSekitaran jam 11 Obgyn gw Dokter Enting dateng. Masuk deh gw.. USG, posisi Baby S Alhamdulillah normal. Air ketuban masih oke. Trus liat perubahan tensi juga masih okelah. Gw langsung dikasi surat pengantar ke ruang bersalin buat rekam jantung bayi. Tapi kudu makan dulu sama minum teh manis katanya.

Pas banget jam makan siang, langsung lah kita meluncur ke Salero Basamo bengkong. Alhamdulillah, ngidam gw buat makan ikan bilis kesampean. ixixxi...  Kenyang dah.. Murcee lo boo di salero basamo. Ikan bilis cuma kena 15K aja seporsi ama nasinya.


Balik ke RS, sempet BBM-an dulu ama temen gw yang juga obgyn di Padang. Cerita deh gw ama kasus yang menimpa gw. dan minta saran sarannya. Doi sih bilang tunggu apa yang dibilang obgyn gw disini.


Jam satu gw ke ruang bersalin. Langsung daftar buat rekam Jantung. Kebeneran ngga ada pasien lain. Langsung deh masuk tempat bersalin. Eh ternyata ruangannya bersih banget loh. Rapi. Bagus deh pokoknya. So Far, RSBK oke juga yah. Gw langsung disuruh tiduran trus dikasi jelly gitu perutnya. Satu detektor ditaruhin di posisi jantungnya bayi yang satu lagi di bagian perut atas. Ternyata prosesnya cuma 10 menit. Jadi si detektor ini ngerekam detak jantung baby dan hasilnya berbentuk grafik yang keluar dari mesin. Trus di tangan gw dikasi alat pencetan kaya bel gitu. Setiap ada gerakan bayi yang kuat gw suruh pencet itu tombol.


Busyet deh, gw ampe ngantuk tau saking nyamannya itu ruangan. wkkwkwkw...


Sepuluh menit lewat, udah deh alatnya dicopot. Grafiknya di cap ama petugasnya en gw disuruh balik ke poliklinik kandungan. Simple yah ternyata.


Hasil Rekam Jantung Baby S
Nyampe di poliklinik, gw dipanggil masuk ke ruangan. Dijelasin deh tuh. Jantung Baby S oke banget hasilnya. Trus tensi gw juga harus dimaintain gak boleh naik lagi. Ukuran Babynya besar boiyy.. sekitar 3,5kg. Blom ada kata kata sectio meluncur dari bibir si dokter anggun. Dibilangin tunggu aja dalam minggu ini. Babynya juga blom masuk panggul dan itu juga bukan indikasi melahirkan kok. Baby masuk panggul kalo perut ibunya udah kesempitam. Jadi kalo perut ibunya besar, air ketuban masih banyak, ya dia seneng seneng aja berenang di atas. Turunnya nanti aja pas bukaan biasanya. So, ternyata ngga perlu dikhawatirkanlah masalah kepala yang udah atau blom masuk panggul. 

Indikasi persalinan itu ada 5 faktor :


1. Pernafasan baby

2. Gerakan baby
3, Tensi ibu
4. Air ketuban
5. Detak jantung baby

Nah, yang bisa dikontrol awam en sangat berpengaruh itu air ketuban, tensi en gerakan baby. Untuk gerakan gw sekarang disuruh ngitung. Minimal 10 kali dalam 12 jam. Gerakan yang dihitung itu gerakan yang bikin perut gw bergelombang. Trus tensi juga, kemarin kemarin kan waktu masih ngantor gw sempet ukur tensi tiap hari en Alhamdulillah stabil. Nah sekarang karena udah cuti, bijimane nih.Air ketuban juga sekalinya pecah, bakal terus keluar. Nah kalo salah satu dari 3 ini kejadian, langsung deh tuh. No more reason. Langsung kudu lahiran. Kalo flek mah emang udah tanda tanda lahiran yaks.. 


Tadi gw juga sempet nanya cara bedain pee ama aer ketuban. Katanya kalo aer ketuban udah pasti merembes terus sekalinya keluar. Gak bisa dikontrol. Beda ama pee kan bisa berhenti. Oh iya.. hehehh.. rahim kan kaya balon ya. sekalinya bocor ya gak bisa nutup lagi deh. 


Jadi, bisa normal kah dok? Let we see dalam seminggu ini. Ini kasusnya memang pre eklamsia ringan. Tapi blom ada indikasi harus di induksi. Jadi ditunggu aja. Mudah mudahan bisa normal.


Duh, girang banget dah gw denger dokter manis ini ngomong kaya gitu. InsyaAllah peluang normal masih besar ya anakku sayang. Hayo atuh tendang tendangin aja tyuzz perut mimmy. Mules mulesin perut Mimmy biar kamu cepet keluar. 


Oh iya, kali ini gw diresepin Nifedipin buat nurunin tensi en tablet merah merah buat nambah darah. Itu gak tau namanya. Kaya semacam sangobion gitu deh. 


Duh, moga aja dalam seminggu ini bisa ya.. InsyaAllah ya anakku sayang, kita sama sama usaha biar bisa ketemuan dengan cara normal :)


__,,__

No comments:

Post a Comment