Sunday, May 12, 2013

Tetangga oh Tetangga

Picture taken from here
Mari bergosiiip..

Ah bukan gosip mah ini, tapi beneran.  

Akhir akhir ini gw dibikin super jengkel sama tetangga yang sudah beberapa bulan ini ngontrak disebelah rumah kami. Bukan apa apa sih, tapi kelakuannya. Ya ampyuun..

Si tetangga ini gak pernah sosialisasi dengan orang sekitar. Gw yang disebelah rumahnya aja gak pernah tegoran ama dia. Mereka ini segerombolan cowo cewe. Ada 3 cowo dan 1 cewe yang tinggal disebelah. Pertama gw agak agak gimana gitu ama mereka. Kok bisa bisanya si empunya rumah ngizinin orang orang ini tinggal disitu. Tapi katanya sih, mereka ini kenal baik dengan yang punya rumah. Dan si cewe ini adalah istri dari salah satu cowo yang tinggal disitu. Gak tau cowonya yang mana. Wong orangnya gak pernah keluar. Padahal seharian stay at humz.. bisa ya betah gitu kurungan di dalem rumah mulu. Gw aja yang gawe masih sempet sempet kok kadang cerita2 ama tetangga yang didepan.


Nah, pak RT udah nyelidikin en pernah ngedatengin mereka sih, dan katanya surat nikahnya beneran ada. Hm.. Okay.. Its okay. Gw bukan orang usil yang punya waktu ngurusin begituan. Sebodo teuing, mereka udah nikah kek, apa belom, apa kumpul sapi ato apalah. Gw gak peduli. Tapi gw jadi peduli semenjak mereka mengusik ketenangan hidup gw.

You know laaah.. Namanya komplek jarang banget jaman sekarang yang dindingnya pisah pisah. Ada juga komplek rata rata ya deret, ato paling banter couple. Its mean satu dinding dipake berdua. Nah, mereka ini hobiiiiiiiii banget nyetel musik kaya orang budeg. Sepanjang hari dari pagi ampe malem, nonstop itu musik. Awalnya gw gak peduli sih, karena seharian gw kan diluar rumah, Malem baru balik gawe. Jadi ya gak begitu keganggu banget. Lagian pulang gawe bawaannya udah ngantuk, jadi ya gitu deh. Bablas tidur.. 

Nah, berasanya itu ketika gw udah rutin gak pernah overtime lagi. Secara gawean udah bisa dimanage tanpa overtime en scale salary gw yang juga udah gak masuk itungan overtime lagi, jadinya gw selalu pulang sore, sabtu minggu gw libur. Biasanya pagi pagi jam setengah tujuh itu mereka udah start musik dangdut koplo atau dangdut yang dinyanyiin ama penyanyi2 kawinan gitu. Hari kerja gw mah cuek. Jam 7.20 gw kan udah cau dari rumah dan lagi pagi2 riweuh mau berangkat gawe so ora urus deh tuh sama orang orang.

Nah, pas hari sabtu.... Tibalah gw ingin menikmati waktu tidur lebih lama, lebih panjang. Tiba tiba,  lagi tidur kaget dengan suara jedag jedug musik kampung en volumenya cukup bikin semua kaca jendela gw getar, dinding rumah berasa mau runtuh.. Ohooo... Esmoni langsung naik ke ubun ubun. Gw langsung keluar getok getok itu jendela mereka. Pertamanya gak kedengeran sama kuping budeg mereka. Ya iyalah gimana mau kedengeran, orang musik di dalem kaya alarm pemadam kebakaran gitu. Gw getok lebih keras lagi. 

Trus gw teriakin 

"Woi, mas !! bisa gak denger musik se pas kupingnya aja? Ini rumah saya kaya mau runtuh tau sama suara musik situ"

"oh iya mba" dan volume dipelanin tapi masih teteup jedag jedug

Anehnya, tiap minggu mereka mengulangi hal yang sama. Sampe gw bosen tereakin mereka. Duh, untung bukan singapore aja ini mah. Kalo disingapore gw tinggal panggil polisi en elu semua langsung masuk pengadilan dengan tuntutan mengganggu ketentraman umum.

 photo bannerpensiundini_zpsba1620dc.gifTrus pernah lain waktu, sambungan air PAM mereka bocor dan bocornya itu muncrat sampe ke halaman rumah gw sampe halaman rumah gw banjir. Itu aer menggenang di area gw. Tapi gak ada sedikitpun inisiatifnya buat benerin. Malah nunguin orang PAM dateng hampir seminggu kemudian. Padahal yang tinggal disitu cowo cowo loh. Apa bego semua yah, nyambung pipa aja pada gak bisa. Malah ngorbanin tetangganya yang kebagian muncratan aer dari rumahnya.

Di komplek gw, RTnya rajiiiiin banget ngadain acara gotong royong. Nah waktu itu udah dikasi undangan tuh dari rumah ke rumah kalo minggu pagi bapak bapak pada gotong royong. Jacky aja sampe bangun pagi demi acara gotong royong ini. Nah, ini si tetangga gw yang kampungan ini, boro boro ikutan yak.. ngendooon di dalam rumah semua. Ngumpet. Padahal rombongan yang GoRo mah lagi bersihin got depan rumahnya.

Seminggu lalu lain lagi. Itu pipa aer buangan dari septic tank punya mereka kayanya pecah. Dan you know lah, pastinya bau septic tank jadi cetar badai membahana kemana mana. Dan itu lagi lagi kaga ada inisiatip buat benerin. Jadilah rumah kami ikutan bau.. huhuuh.. Gw sampe gak berani keluar kamar saking gak tahan baunya. Gw nyalain AC sepanjang hari en ngendon dikamar. Daripada gw keluar rumah trus jadi huek huek.. 

Satu lagi kebiasaan mereka yang bikin gw ama Jacky ikuan spanneng adalah kebiasaan ketawa keras keras. Dan itu berlangsung ampe tengah malem loh sodara sodara. Gak tau apa yang bikin mereka jadi merasa sedemikian lucu sehingga ketawanya itu bak jambul khatulistiwa yang nongol dimana mana. Sampe gw ama Jacky pernah bilang, jangan jangan tu orang kesambet. Kok ketawa sampe segitu gitunya. Kedengeran ampe rumah gw, ampe kamar gw.

Duuh, kalo gw punya anak kost kaya gini udah gw usirin aja kali. Gak tau adat. Gak ada sopan santun. Hidup kaya dihutan berasa dunia milik mereka doang. Kaga mikir kalo kuping orang juga perlu di tenggang rasa. 

Entah sampe kapan gw akan menikmati tetangga macam begini. Mudah mudahan cepet pindah lah ya.. Bikin esmoni jiwa.. Gw gak bisa lagi menikmati wiken gw dengan damai. Selalu jedag jedug yang kedengeran. Gw bete kalo harus kebangun tengah malem gara gara ketawa mereka yang ngga ada etika.

Yang komplain bukan hanya gw doang ternyata. Yang didepan juga. Pada bete liat orang2 ini karena mengganggu ketentraman umum.

Huufftt.... Susah bener kalo punya tetangga gila yang kampungan. 

Ini aseli tulisan curhat gw loh... Jadi kalo banyak umpatan umpatan itu menandakan gw emang lagi esmoni banget, hihihi

__,,__



No comments:

Post a Comment