Sunday, May 19, 2013

Teknik Marketing Produsen Susu Formula dan Pembodohan Masyarakat?

Tau kan, kalo di negara kita tercinta ini yang namanya pembodohan terhadap masyarakat marak dilakukan?

Yaaa.. Dan inilah yang gw alami belakangan ini. Untungnya gw selama ini rajin nyari info dimana mana sehingga akhirnya gak sama sekali terbujuk ataupun terpengaruh dengan info info yang menyesatkan.

Cerita berawal dari awal hamil dulu sih. Jadi karena gw dulu awal awal disarankan minum susu sama Obgyn gw, gw sempetlah beli susu khusus ibu hamil yang terkenal itu. Pas lagi jalan di supermarket, lagi milih milih rasa, datanglah si SPG menyapa dengan ramahnya. Bertanya tanya tentang kehamilan dan akhirnya doi minta data data gw. Ya sudah deh, gw kasih aja lah. Wong cuma minta nomer telpon. Of course gw kasih, karena setahu gw memang beberapa produsen produk gak hanya susu sering melakukan market survey untuk melihat segmentasi pasar mereka.

 photo banner-pensiun1_zps341b247e.gifBeberapa hari setelah itu, datenglah telepon dari call center si produsen susu. Berbincang tentang bagaimana kondisi kehamilan gw... bla.. blaa.. bla.. dan bilang kalo susu hamil itu penting banget dan gak sama dengan susu biasa. Padahaaaaal... seperti yang telah gw jelasin di postingan sebelumnya kalo dokter sih  nyaranin minum susu dan gak harus susu hamil gitu loh. Tapi waktu itu gw doyan doyan aja sama si susu hamil ini ya gw belilah beberapa kotak dan gak tau kenapa bulan berikutnya gw tiba tiba eneg ama rasanya dan akhirnya 2 x 800 gram susu mahal itu hanya teronggok di atas kulkas sampai sekarang. Susu mahal itu akhirnya gw ganti sama UHT. Gw sih niatnya bakal ngabisin nanti selahirnya Baby S. Atau nanti kali aja ada yang hamil, gw kadoin susu ini aja kan lumayan. 

Nah, pas kehamilan menginjak trimester kedua, tiba tiba CSnya si produsen susu ini nelponin gw lagi. Bincang bincang mengenai kesehatan bayi. Ya gw tanggapi biasa saja. Intinya sih sarannya meningkatkan konsumsi susu sampe 2x sehari. Trus pas ditanya, gw masih minum susunya ampe sekarang ya gw bilang masih, tapi yang UHT. Nah, udah deh tuh, doi basa basi lagi ampe gw bosen dengerin ocehannya en telpon ditutup.

Masuk 8 bulan, lagi dooooong si CS ini nelponin gw lagi. Dan nanya nanya lagi. Kalo sekarang udah nanya nanti rencananya baby gw mau dikasih susu apa. Ya gw bilang sih, gw prefer ASI. Trus dia bilang, kalo baby baru lahir kudu dikasi susu bantu dan kebetulan perusahaannya dia juga punya susu khusus buat bayi baru lahir. Nyerocos deh tuh si embak cerita tentang vitamin ini itu. Yang gw tanggapi dengan hanya ber iya iya ria.

CC : Ibu udah ada plan nanti susu bayinya pake merek apa?
Gw : Plannya FULL ASI mba
CC : Owh, ibu bekerja?
Gw : iya
CC : kalo boleh tau dimana ya bu
Gw : di pabrik elektronik mba
CC : Jarak ke rumah berapa ya bu?
Gw : 20 menit aja mba
CC : Ibu ada waktu buat nyusuin anaknya sekali dua jam kalo nanti bekerja?
Gw : kan ASInya bisa dipompa mba (udah males2an nih jawab pertanyaan orang ini)
CC : Owh ibu, sekedar ibu tahu, ASI perah nutrisinya tidak sebagus ASI yang diberikan langsung ibu. Jadi nanti bakal ada kemungkinan gizi bayinya tidak terpenuhi.
Gw : ooo.. yaaaa ??
CC : Makanya perlu ditambah dengan susu formula yang nutrisinya hampir sama persis dengan ASI yang diberikan langsung, jadi bayinya tidak kekurangan gizi. Kalo sakit bisa cepet sembuh karena daya tahan tubuhnya dibantu oleh susu formula.. blaaa... blaaaa.. blaaaa ...... Kami menyediakan susu yang persis banget formulasinya dengan ASI, namanya *****tiiiiittt****** sensor... kalo boleh tau mungkin ada saudara ibu yang sudah memakai susu formula yang tadi kami sebutkan?
Gw : nggak ada mba, satu keluarga kami ASI semua... (biar eneg deh tuh yang nelponin gw)
CC : nah, kalo bayinya dikasih susu formula.. blaaa... blaaa.. blaaaa.... (gak ngerti lagi tu orang ngomong apa)
Gw : manggut manggut setengah denger setengah tidak sampe akhirnya telepon ditutup


Nah, disini gw udah mulai gak sreg nih. Karena informasi yang dia sampein udah mengandung unsur pembodohan masyarakat. Please deh, masa bilang ASI Perah gak bagus. Mau gimanapun ASIP itu jauh lebih bagus dari susu formula paling mahal di dunia ini sekalipun. 

Semua conversation ini langsung gw sampein ke temen temen di milis AsiForBaby. Dan ternyata gak cuma gw yang ngalamin hal seperti ini. Banyak banget mereka mereka yang hampir menjadi korban pembodohan informasi ini.

Nah, sekitar 3 hari yang lalu, dateng lagi nih si CC telepon. Intinya masih sama, apa masih konsumsi susu hamilnya? Ya gw jujur aja bilang kalo obgyn gw udah ngelarang gw minum susu karena babynya udah gede. Si CS ini malah bilang "Oh, kalo susu kami kadar gulanya rendah ibu, jadi tidak apa apa dikonsumsi" Helloooww... Elo bukan dokter gw gitu. Bukan orang yang tau kondisi gw kok masih ngotot aja biar susunya dibeli. Trus dia nanya mau kasih susu apa buat Baby gw nanti. Of course gw bilang prefer ASI lah.. Dia bilang lagi.. Kalo awal awal masa habis melahirkan ASI blom lancar jadi gw harusnya bawa susu kaleng buat anak gw nanti. Jadi sebelum berangkat ke hospital, siapin dulu nih susu. Dan dia juga bilang, merk susunya bla bla bla... mengandung ini itu, dan formulasinya hampir sama dengan ASI. 

Gak cuman itu, doi juga iming imingin gw dengan hadiah gantungan mainan baby kalo bisa BBMin struk pembelian si susu ini. Ya karena gw gak ada plan sama sekali buat beli susu kaleng ya udah gw bilang liat nanti aja. Dan telepon pun ditutup.

Esok paginya, dateng lagi telpon. Kali ini pake nomer lokal little Island en bilang kalo mereka udah pegang paket buku hadiah dari si produsen susu buat gw. Dan katanya mau dianter ke rumah. Ya gw bilanglah, gw gak ada dirumah. Secara gw masih ngantor gitu. Trus malah nanya, kapan dirumah. Ya gw bilang sabtu minggu aja gw dirumah. Akhirnya nanya alamat kantor gw, mau anter ke kantor aja katanya. Duh.. Kok segitu ngototnya.. Ya gak maulah gw, masa urusan beginian mau diurusin di kantor. Kok kaya ga ada sopan sopannya ini orang. Ya ngga bisalah urusan beginian gw bawa bawa ke kantor. Gw gak mau kasi alamat kantor gw.

Esok paginya ada SMS dateng, nanya mana struk pembelian susunya.




Weleh, weleh... Ini orang kejar target bonus kali ya. Kemarin nelponin suruh beli susu, en hari ini minta struknya. Please deh, gw aja blom brojol. Boro boro mikirin susu bantu, yang ada di otak gw mah saat ini gimana caranya biar ASI gw ngucur deras begitu baby gw lahir. Oalaaaaah... Dan SMS ini berulang sampe 3 hari berturut turut loh sodara sodara. Sekalipun gak pernah gw respon. Padahal gw udah jujur ya mau kasih ASI. Tapi kok ya ngotot gitu suruh gw beli susu formulanya mereka. 

Entahlah, apakah karena sudah ada aturan gak boleh iklanin susu formula lagi di tipi untuk bayi dibawah 1 tahun jadinya mereka mennggunakan cara cara yang kalo gw bilang sih cara kotor ya. Membodohi masyarakat, mendoktrin, memberikan pemahaman pemahaman yang salah hanya untuk mencapai target sales. Jualan sih boleh mbak/mas.. tapi mbok ya pake kode etik. Gw aja yang jualan kosmetik musti nurut ama kode etik.

Coba bayangkan yang ditelepon bukan orang yang melek informasi. Yang minim banget informasi tentang ASI. Pasti udah manggut manggut en hari ini juga langsung ke supermarket buat beli si susu ini. Dan ada berapa puluh juta ibu ibu yang ngalamin hal yang sama dengan gw. Hitung persentase yang tidak terbujuk dengan yang terbujuk. Apalagi beberapa ibu yang gw temui di sekeliling gw, malah berpikiran susu anaknya melambangkan kesejahteraan keluarganya karena harganya yang selangit. Gw aja mpe miris waktu temen kantor gw yang matanya ampe berbinar binar cerita ke gw kalo tetangganya aja ampe heran kok dia bisa beliin susu mahal ini buat anaknya yang masih bayi. Betapa bangganya si ibu ini pas tetangganya nanya "wah.. tante **** gajinya berapa itu ya, bisa beliin susu ini buat si adek?"

Duh, gw yang denger kok rasanya gimana ya. Mirisss.. Bayinya kesian, emaknya lebih kesian lagi. berpendidikan tapi kok ya gampang banget dibodohi ama produsen2 susu itu. Hak anak ASI Ekslusif minimal 6 bulan akhirnya lewat begitu saja karena prestise dan kebanggaan si emak. Dan sayangnya, saat itu gw blom punya anak, gak punya pengalaman, jadi rasanya aneh kalo gw negor dia yang udah punya 2 anak masalah persusuan ini.

Gw sih gak anti ya sama Susu Formula. Susu Formula memang kadang dperlukan buat baby yang berkebutuhan khusus. Hanya sekian persen ibu di dunia ini yang tidak bisa menyusui. Cuma gw gak bisa aja nerima cara cara kotor kaya gini dipake oleh produsen susu untuk menaikkan sales market  mereka. Wong, yang bikin susu formula aja memilih kasih ASI kok buat anaknya, masa kita mau sih dijadiin sasaran market mereka untuk mengeruk untung sedalam dalamnya. 

Beberapa waktu lalu di Acara Hitam Putihnya Deddy Corbuzier pernah kasih quote kaya gini :
"Kenapa susu formula dikemasannya ditulis mengandung A,B,C,D dstnya? Karena mungkin lebih banyak tidak mengandungnya, makanya hanya yang mengandungnya saja yang ditulis. Kandungan yang tertulis mungkin hanya 10% saja dibanding susu ASI"

Iya bener juga tuh yang dibilang ama Kang Deddy.. xixiiix..

Andaikan negara ini lebih aware dengan hal hal seperti ini., Andai negara ini setegas beberapa negara negara Eropa yang mengharuskan pembelian susu formula dengan resep dokter. Andai pemerintah mampu menghambat mafia produsen susu yang memanfaatkan rumah sakit dan klinik sebagai tempat mereka berjualan. Andaikan.. Andaikan.. Semoga negara ini menjadi lebih baik... Amiin..

__,,__

No comments:

Post a Comment